Selasa, 12 Januari 2021

Rancangan Komunikasi Visual/Dkv Universitas Telkom Bandung (Anes)

Halo intipers. Perkenalkan namaku Maria Anes Rutgrahelya, biasa dipanggil Anes. Aku berkuliah jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV Universitas Telkom dengan peminatan atau fokus Desain Grafis angkatan 2017. Kali ini aku akan membagikan pengalamanku selama berkuliah 6 semester, yuk simak pengalamanku.


Jurusan Desain Komunikasi Visual Telkom?


Jurusan Desain Komunikasi Visual atau yang lebih erat di sebut DKV, sering dikaitkan dengan Ilmu komunikasi dan Seni murni. Namun pastinya Desain Komunikasi Visual memiliki perbedaan dengan kedua cabang ilmu tersebut.


Pertama, Ilmu komunikasi yakni ilmu yang mempelajari bagaimana cara memberikan dan menyebarkan info lewat aneka macam media dengan banyak sekali topik ataupun pokok bahasan. Topik atau pokok bahasannya mampu berbentukilmu sosial, politik, budaya, kesehatan dan yang lain yang ada di kehidupan kita sehari – hari, biasanya topik bahasan tersebut haruslah akurat, menurut fakta dan terkini.


Berikutnya adalah Seni murni, ialah ilmu untuk mengekspresikan ungkapan rasa, emosi, dan dasar aliran sebebas – bebasnya dan seluas – luasnya dalam bentuk karya sehingga umumnya karya tersebut lebih diketahui oleh sang seniman dibandingkan dengan orang awam.


Dari perkenalan dua cabang ilmu tersebut dapat diambil kesimpulan jurusan Desain Komunikasi Visual yakni cabang ilmu desain yang berusaha mengkomunikasikan topik yang ada di kehidupan sehari – hari melalui karya visual (tidak hanya mampu di dengar ataupun di rasakan). di Jurusan Desain Komunikasi Visual juga kita dituntut untuk menciptakan suatu karya namun tetap mengikuti hukum yang berlaku supaya tetap bersifat akurat dan sesuai fakta tidak mampu seluas dan sebebas seni murni. di Jurusan ini pula kita berguru semoga setiap orang yang melihat karya yang sudah kita buat mampu mengetahui arti dan mesti mempunyai tujuan mengapa dibuat dan untuk siapa tidak cuma dimengerti oleh diri kita sendiri.


Mata kuliah di jurusan DKV Universitas Telkom


Di awal telah di jelaskan kilas apa itu Desain Komunikasi Visual. berikutnya kita akan mengenali sedikit lebih dalam ihwal jurusan ini. Yang akan di diskusikan berikutnya ialah mata kuliah apa saja yang dipelajari di jurusan Desain Komunikasi Visual cukuplah luas, banyak yang beropini hanya mencar ilmu terbatas pada ilmu komunikasi dan dasar – dasar desain saja. Padahal ada aneka macam cabang ilmu lain yang mesti dipelajari terkait dengan membuat karya, bernegosiasi dan menjual karya, atau bagaimana semoga karya mampu diterima penduduk maupun bagaimana menepatkan diri agar karya yang dihasilkan mampu masuk ke banyak sekali perusahaan dan instansi.


Beberapa mata kuliah yang ada di jurusan Desain Komunikasi Visual antara lain : Nirmana, Estetika, Sejarah Desain, Budaya Nusantara, Branding, Manajemen Pemasaran, dan Kewirausahaan. Nama – nama mata kuliah tersebut yakni beberapa pola mata kuliah yang dipelajari di kelas teori. Adapun mata kuliah praktek yang proses berguru mengajarnya di kerjakan di studio mirip : Fotografi, Packaging, dan Grafika. Tujuan dari adanya mata kuliah praktek semoga kita mampu mencicipi, mengembangkan dan melatih proses penciptaan karya itu seperti apa. Jika ditanya mata kuliah favorit tentunya aku menggemari mata kuliah praktek, karena dengan berproses saya jadi lebih terbangun dan terbentuk bagaimana menghargai suatu karya.


Konsentrasi di Jurusan DKV Universitas Telkom


Di berbagai kampus jurusan Desain Komunikasi Visual memiliki berbagai cabang fokus atau peminatan, namun ada juga yang tidak menawarkan fokus atau peminatan. Sebenarnya tujuan konsentrasi atau peminatan yang ada di Desain Komunikasi Visual lebih menolong pribadi mau mendefinisikan kita lebih condong ke bidang desain yang mana dan membantu dikala akan melaksanakan tugas akhir (TA) atau skripsi berkonsentrasi pada bidang apa yang hendak kita kerjakan nantinya. Di Universitas Telkom bandung sendiri jurusan Desain Komunikasi Visual mempunyai empat peminatan, diantaranya adalah :



  1. Desain Grafis (DG)

    Disini kalian akan mempelajari bagaimana membuat karya yang semuanya tidak bergerak baik digital maupun manual. Contoh karyanya mampu mencakup : Ilustrasi, Poster. Logo. Packaging, Fotografi, sampai desain User Interface untuk aplikasi.

  2. Multimedia (MM)

    Disini kalian akan mempelajari bagaimana menciptakan karya yang semuanya menggunakan digital dan bergerak terkoneksi secara audio maupun visual. Contoh karyanya bisa meliputi : Animasi, Videografi, Perfilman, hingga rancangan game.

  3.  Advertising (AD)

    Secara garis besar peminatan ini memang terlihat mirip dengan peminatan yang ada pada jurusan komunikasi hanya saja lebih berkonsentrasi pada pembuatan iklan dan pendekatan pada client tetapi tetap menyisipkan unsur keindahan dan desain yang  baru dan fresh di dalamnya.

  4.  Manajemen Desain (MD)

    Mempelajari rancangan dengan pendekatan lebih mendalam dengan keilmuan Manajemen dan Bisnis.


Pada akibatnya DKV tidaklah selalu berkaitan dengan seni ataupun komunikasi. Namun kita juga perlu membekali diri dengan cabang keilmuan yang lain. Hal yang perlu di catat, syarat utamanya bukan kau paham seni tetapi bagaimana kamu mampu menggambar. Bisa menggambar tidak harus menciptakan gambar yang elok. Hal terpenting ialah mau untuk senantiasa berproses dan berguru.


Tips kuliah


Sebelum kalian masuk ke jurusan ini alangkah baiknya mengulik dasar – dasar desain dan mengintip hal paling fundamental adalah apasih nirmana itu yang mana akan di rasakan di tahun pertama kuliah. Saranku:



  1. Perbanyaklah jaringan dan koneksi

    Siapa yang mau menduga hanya sekedar kenal atau dari sahabat kita sendiri kita mampu mempelajari banyak hal baru, dan mana tahu di sebuah hari nanti beliau akan mengajak berkolaborasi menciptakan karya atau mengajak kita untuk berkembang bareng di perusahaannya.

  2. Mulai up to date dengan info

    Berita apapun, alasannya adalah itu yang mau menjadi bahasan ataupun topik yang bisa dijadikan ide dalam membuat sebuah karya.

  3. Tumbuhkan rasa ingin tahu dan mau terus berguru. 

    Belajar untuk terbuka dan membuka diri dengan aneka macam ilmu wawasan yang ada selaku bahan refrensi dan inspirasi. Namun ingat, lebih baik lagi kalau kalian berfokus dulu pada keilmuan desain. Jangan ragu mengajukan pertanyaan pada senior, dosen atau orang yang kau anggap lebih mahir dalam bidang rancangan. Kamu juga mampu berbagi dirimu dengan mengikuti kursus, training ataupun lembaga diskusi hingga pelatihan bahasan wacana rancangan.

  4. Mulai datang ke Pagelaran/Pameran.

    Dengan tiba ke festival kamu akan mendapat insight baru seperti penggayaan rancangan apa yang ada di suatu instansi atau seniman. Selain bisa menerima ilham gres dan kenalan gres dengan bersungguh-sungguh untuk tanya sana sini waktu pameran berjalan.

  5. Mulai mengasihi dirimu sendiri. 

    Kamu merasa terus berlatih tetapi tidak ada kemajuan terhadap karyamu? Sebelum kamu mengasihi dan menghargai karyamu, mulailah dengan menyayangi dirimu sendiri niscaya akan berbuah hasil. Tidak apa kau merasa karyamu yang dahulu tidak lebih baik dari sekarang. Berarti kamu telah berproses. Tapi jikalau merasa kau tidak pernah meningkat mungkin kamu mesti mencar ilmu bagaimana mencipta karya dengan hati dan menimbulkan emosi di dalamnya. Terkadang kita merasa tidak ada kemajuan, bisa jadi itu hanya perasaan yang muncul sebab tidak yakin diri.


Prospek pekerjaan di jurusan DKV Universitas Telkom


Sampai sini sudah cukup banyak yang saya bahas ihwal jurusan yang saya tekuni di kuliah yakni Desain Komunikasi Visual. Tapi bisa jadi kalian berpikir untuk apa masuk Desain Komunikasi Visual kalaupun tidak tahu ke depannya akan kemana. Tenang, untuk saat ini di periode perkembangan teknologi yang makin mutakhir.  Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan yang paling fleksibel untuk menentukan mau bekerja di bagian atau bidang apa. Aku akan menjabarkannya sesuai dengan peminatan yang ada di Universitas Telkom Bandung.


Bagi yang mengambil peminatan Desain Grafis kalian bisa menjadi Ilustrator, Fotografer bagian rancangan untuk majalah, percetakan, hingga desain untuk aplikasi. Bagi kalian yang mengambil peminatan multimedia bisa menjadi editor film dan video, pembuat motion graphic, sampai dengan menjadi pembuat game. Kalian yang mengambil peminatan Manajemen Desain mampu mengambil bagian di aneka macam perusahaan menjadi social media manager, ataupun digital asistant content. Sedangkan yang terakhir Advertising mampu menyebabkan opsi untuk mendaftarkan diri di aneka macam perusahaan media mirip majalah, periklanan, televisi hingga radio. Yang jelas sesungguhnya mau kalian kedepannya mengambil peminatan apa saja tidak menjadi batasan untuk mengambil contoh pekerjaan – pekerjaan yang sudah saya uraikan berdasarkan peminatan. Selama kalian mempunyai kemampuan lebih di bidang lain kenapa tidak menjajal . Harapanku semoga kalian mengenali betapa luasnya bidang pekerjaan yang mampu diambil dengan masuk di jurusan Desain Komunikasi Visual.


Harapan saya untuk kedepannya


Harapannya dikala aku lulus dari jurusan Desain Komunikasi Visual, saya tidak cuma membanggakan keluarga dan orang terdekat tetapi bisa membanggakan penduduk yang lebih luas lagi. Salah satu impianku yaitu ikut tergabung dalam menyuarakan banyak sekali info sosial dan mampu menyuarakan kontribusi dari berita tersebut lewat desain, Tidak cuma itu, aku berharap karya desainku kedepannya mampu di nikmati banyak sekali kalangan dan usia. Terutama bisa menjadi media pembelajaran bagi anak dan sampaumur.


Terimakasih untuk kalian semua yang sudah mau membaca kisah dan pengalamanku ini selaku salah satu mahasiswi jurusan Desain Komunikasi Visual.


Kode Konten: X203




Sumber we.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)