Tak kenal maka kenalan dong yaa. Halo sahabat-teman Intipers! Perkenalkan namaku Anzalna Antania Hanjani, biasa dipanggil Antania atau Tania. Aku ialah mahasiwa Prodi Manajemen Pemasaran, Politeknik Negeri Malang angkatan 2016. Saat ini menempuh studi di semester 8 yang pastinya ini ialah tahun terakhirku di kampus. Pasti disini sahabat-teman Intipers ingin mengetahui bagaimana sih kuliah manajemen penjualan itu. Simak kuy, karena disini saya mau share pengamalan dan juga gosip semasa kuliah.
Kuliah Manajemen Pemasaran Kaprikornus Sales?
Manajemen Pemasaran ialah salah satu prodi di jurusan Administrasi Niaga yang bangun pada tahun 2006. Mungkin belum banyak kampus yang jurusan manajemennya terfokus pada pemasaran, sehingga belum banyak orang yang mengenali adanya jurusan ini. Di samping itu, banyak juga opini masyarakat yang kerap kali menduga bahwa lulusan manajemen penjualan kerjanya jadi sales di sebuah perusahaan. Itu stigma yang salah ya sobat-sahabat intipers, sebab kuliah di jurusan administrasi pemasaran ini banyak hal seru yang mampu dipelajari yang pastinya tidak terlepas dari penjualan, jadi kesempatan kerja tentunya sungguh luas bagi mahasiswa Manajemen Pemasaran.
Teman-teman intipers mungkin juga menerka bahwa pelajaran selama di jurusan ini hanya sebatas teori tentang penjualan atau praktikum memasarkan barang, padahal ada yang lebih dari itu kok. Manajemen Pemasaran juga mengajarkan bagaimana kita mampu mengatakan dengan banyak orang alias Public Relation, bagaimana cara kita membangun bisnis mulai dari 0, dan bahkan kalian diajarkan menjadi video creator, content creator, ataupun rancangan grafis yang tentunya ada mata kuliahnya sendiri loh. Bahkan jurusan manajemen pemasaran di Politeknik Negeri Malang ini saya menerima 2 bahasa abnormal yang wajib disertai pada setiap semesternya. Yang pertama pasti adalah Bahasa Inggris. Lalu untuk bahasa yang kedua, mahasiswa cuma mampu memilih salah satu yaitu, Bahasa Jepang atau Bahasa Mandarin. Kaprikornus ketika masih dalam orientasi, mahasiswa gres akan diberi pilihan apakah Bahasa jepang atau Bahasa mandarin selama menempuh studi.
Mata Kuliah Paling Oke
Seperti yang telah aku singgung di atas bahwa banyak yang dipelajari saat berada di jurusan ini. Apakah menjemukan? Jawabannya TIDAK. Karena mata kuliah seru akan ada di setiap semesternya.
Mata kuliah paling setuju yang pertama ialah Proyek. Proyek itu mata kuliah yang seperti apa sih? Makara Proyek ialah mata kuliah dimana nantinya mahasiswa akan mengunjungi suatu perusahaan atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) secara berkelompok dan lalu melaksanakan observasi untuk mengambil data yang diperlukan yang nantinya akan dibuat sebagai laporan dan dipresentasikan. Fokus Proyek pada setiap semesternya berbeda-beda, mulai dari Proyek Mengenai Perusahaan, Proyek Menangani Konsumen, Proyek Mengelola Data dan Informasi, Proyek Perencanaan Bisnis, dan Proyek Perencanaan Pemasaran.
Lalu mata kuliah setuju berikutnya ialah E-Marketing. Di mata kuliah ini setiap kelompoknya membuat bisnis sendiri yang tentunya bisnis original dari pedoman sebuah kelompok tersebut. Yang menciptakan mata kuliah ini seru yakni alasannya adalah setiap anggota dari kelompok mempunyai job desc yang berlainan. Job desc tersebut diantaranya adalah, bertanggung jawab atas blog, bertanggung jawab atas sosial media yang dibagi menjadi 2 yakni Instagram dan Facebook, bertanggung jawab atas iklan baris dan iklan gambar, bertanggung jawab menjadi editor video, bertanggung jawab mengoperasikan situs web baik itu konten maupun teknis, dan bertanggung jawab atas SEO. Bahkan pada mata kuliah ini terdapat rewards yang diberikan terhadap golongan yang mempunyai iklan produk paling menarik, sehingga tentunya setiap kalangan saling berlomba dalam menciptakan konten untuk iklannya dan juga editing video yang semenarik mungkin.
Tips-Tips untuk Maba di Prodi Manajemen Pemasaran POLINEMA
- Jangan bosen dikala ketemu sama yang namanya Proposal dan Laporan
Lah kenapa jangan bosen? Karena meskipun setiap semester atau bahkan beberapa mata kuliah di satu semesternya ada, kalian mampu mengasah kemampuan kalian dalam menulis dan bisa belajar membuat ajuan maupun laporan yang bagus. Tentunya nanti berguna ketika ditujukan bagi perusahaan maupun atasan ketika telah bekerja.
- Ikut organisasi yang tepat sama yang kalian mau
Hayoo para maba mau jadi KUPU-KUPU (Kuliah Pulang) atau KURA-KURA (Kuliah Rapat) nihh? Kupu-kupu sih boleh yaa.. tapi apa nggak bosen nih sama kehidupan kuliah yang itu-itu aja? Ikut organisasi atau yang umumnya disebut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) nggak semengerikan yang kalian pikir kok. Ikut rapat, sibuk buat program sana-sini, belum lagi jobdescnya yang mampu jadi bentrok sama peran-tugas kuliah. Eitss… itu tergantung kalian. Asalkan kalian memilih UKM yang memang sesuai dengan apa yang kalian kehendaki. Kan banyak tuh UKM kampus mulai dari broadcasting, BEM, keagamaan, dsb. Kalian juga bisa ikut himpunan jurusan juga. Selain nambah pengalaman, tentunya kalian akan punya banyak kekerabatan baik dari internal maupun eksternal kampus, melatih dalam manajemen waktu, dan manfaat lain yang nggak kau dapetin di kelas. So, Dare Yourself!
Prospek kerja alumni Manajemen Pemasaran POLINEMA
Tentunya peluang kerja bagi jurusan Manajemen Pemasaran sangat besar. Basically, Manajemen Pemasaran sangat dibutuhkan di banyak perusahaan dan tentunya di berbagai bidang. Banyak dari alumni yang bekerja sebagai ahli pada divisi pemasaran, manajer pemasaran, digital marketer, dan kesempatan karir yang lain yang pastinya banyak banget baik itu perusahaan swasta maupun perusahaan lazim milik negara (BUMN). Tambahan isu, bahwa lulusan Manajemen Pemasaran tidak hanya bekerja di suatu perusahaan saja lhoo, namun bisa juga membangun bisnis sendiri, perusahaan sendiri. Believe that all your dreams have the beauty!
Harapan dan Rencanaku Setelah Lulus
Untuk rencanaku setelah lulus adalah saya ingin menambah pengalamanku sekaligus mengasah softskill supaya ketika melamar di sebuah perusahaan besar nanti saya telah memiliki segudang pengalaman yang tentunya menjadi nilai tambah bagi perusahaan dan diriku sendiri. Selain itu juga melanjutkan kuliah S2 dan menerima beasiswa untuk mencari ilmu di luar negeri. Bagiku tidak ada yang mustahil jikalau aku melibatkan Allah dalam setiap langkahku. Because Allah Is the Best of Planners.
Kode konten: X365
Sumber we.com
EmoticonEmoticon